LAPORAN KUNJUNGAN INDUSTRI
DI STP NUSA DUA DAN INNA GRAND BALI
BEACH HOTEL
BALI
Disusun Oleh :
NAMA :
CANDRA
NIS :
7981
KELAS : X
AP C
PROGRAM
STUDI KEAHLIAN : PARIWISATA
KOMPETENSI
KEAHLIAN : AKOMODASI
PERHOTELAN
PEMERINTAH
KABUPATEN SEMARANG
DINAS
PENDIDIKAN
SEKOLAH
MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 BAWEN
Jl.
Kartini No. 119 Bawen Kab. Semarang Telp./Fax (0298) 591284
TAHUN
2014
LAPORAN KUNJUNGAN INDUSTRI
DI STP NUSA DUA dan INNA GRAND BALI
BEACH HOTEL
BALI
Disusun Oleh :
NAMA :
CANDRA
NIS :
7981
KELAS : X
AP C
PROGRAM
STUDI KEAHLIAN : PARIWISATA
KOMPETENSI
KEAHLIAN : AKOMODASI
PERHOTELAN
Bawen, Mei 2014
Ketua Program Studi Keahlian
|
Guru Pembimbing
|
Suyanto, S.P, MM.
NIP. 19560316 198803 1 002
|
Nanik
Nurul Hidayah, S.Pd.
NIP.
|
Mengetahui,
Waka Humas
Nana Mulyana, S.P.
NIP. 19690601 199203 1 012
MOTTO
DAN PERSEMBAHAN
MOTTO
1.
Pengalaman adalah guru yang
paling baik.
2.
Menghargai waktu dan selalu disiplin
dalam berbagai hal.
3.
Berusaha menjadi manusia teladan
yaitu manusia yang mampu ditiru orang lain.
4.
Kesopanan adalah pengaman yang
baik bagi keburukan.
5
Berusaha dapat menjalin hubungan
kerjasama yang baik dalam pekerjaan.
6
Tiada hari tanpa senyuman.
7
Menjadi orang penting itu baik tetapi
lebih penting menjadi orang baik.
PERSEMBAHAN
1.
Kepala Sekolah SMK N 1 BAWEN
Bapak Jumeri, STP, M.Si yang telah mengijinkan terlaksananya Kunjungan Industri
ini.
2.
Kaprogdi Akomodasi Perhotelan
Suryana, S.P, MM yang telah membimbing kami.
3.
Bapak/ Ibu guru yang telah
membimbing kami.
4.
Kedua Orang Tua dan keluarga yang
selalu memberi semangat dan dorongan.
5.
Teman-teman serta pihak yang
telah membantu kami dalam menyelesaikan laporan ini.
KATA PENGANTAR
Puji
syukur senantiasa kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan
karunia dan rahmat-Nya sehingga penyusunan Laporan Kunjungan Industri ini dapat
diselesaikan dengan baik tanpa ada halangan suatu apapun.
Buku
laporan ini dimaksudkan untuk memenuhi tugas dari kompetensi keahlian. Buku ini
tidak akan selesai tanpa bantuan Bapak/ ibu guru SMK N 1 Bawen dan pihak-pihak
yang telah membantu dalam penyelesaian laporan ini.
Semoga
laporan ini dapat berguna dan dapat dimengerti dengan baik dari pihak sekolah
atau pihak lainnya, dan dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.
Penulis
menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari sempurna. Adalah suatu kehormatan
bagi penyusun untuk menerima kritik dan saran serta kesan yang konstruktif dari
pembaca.
Bawen, Mei 2014
Penyusun
DAFTAR ISI
Halaman Judul
i
Halaman
Pengesahan
ii
Motto
Dan Persembahan
iii
Kata
Pengantar
iv
Daftar
Isi
v
BAB I
PENDAHULUAN
1
A.
Latar Belakang
6
B.
Tujuan
6
BAB II
KEGIATAN KUNJUNGAN INDUSTRI
6
A.
Inna Grand Bali Beach Hotel
6
B.
Stp Nusa Dua Bali
6
BAB III
PENUTUP
6
LAMPIRAN
BAB I
PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG
Sekolah Menengah Kejuruan perlu diadakannya
Kunjungan Industri (KI). Maka SMK N 1 BAWEN mengadakan kunjungan industri ke
pulau Bali bagi siswa
Kelas X untuk semua kejuruan, pada kesempatan ini kami
mengunjungi STP Nusa Dua Bali dan Hotel grand Inna Beach Bali.
Latar
belakang diadakannya kunjungan industri ini agar siswa mengenai dunia kerja.
Selain itu siswa dapat mengetahui lebih jauh tentang cara kerja, kedisiplinan,
tata tertib kerja, mesin-mesin industri yang lebih memadai, dll.
Siswa
juga diharapkan tidak menganggap kunjungan industri sebagai rekreasi, tapi
menganggap kunjungan industri sebagai sarana belajar dengan cara mendatangi
industri secara langsung, dan melihat urutan - urutan proses kerja di industri
tersebut. Maka daripada itu, kunjungan industri dipilih untuk menambah
pengalaman siswa tentang dunia kerja. Siswa dituntut untuk aktif menggali
informasi tentang kunjungan industri untuk memperoleh pengetahuan tentang
proses pembuatan gula pasir dan alkohol. Kunjungan industri dilakukan untuk
memberikan gambar kepaada siswa tentang industri dan proses produksi di bidang
agrobisnis dengan produk gula pasir dan alkohol. Siswa harus membandingkan
proses produksi di dunia kerja dengan ilmu yang diperoleh di sekolah. Siswa
diwajibkan membuat laporan atas informasi yang di peroleh selama kunjungan
industri tentang perusahaan yang bersangkutan.
B. TUJUAN
Ada beberapa tujuan diadakannya
kunjungan industri bagi siswa/ siswi sebagai berikut :
1. Memperluas pengetahuan siswa dalam lingkungan dunia kerja.
2. Mendorong siswa agar mempunyai minat bekerja di perusahaan.
3. Memberi informasi tentang cara kerja dan tenaga kerja perusahaan.
4. Mendorong siswa agar mempunyai rasa kedisiplinan dan tanggung jawab.
5. Membantu siswa melaksanakan program diklat.
BAB II
KEGIATAN KUNJUNGAN INDUSTRI
A.
INNA GRAND
BEACH HOTEL
a) Sejarah Berdirinya INNA Grand Bali
Beach Hotel
1.
Hotel
Bali Beach dibangun pada tahun 1963 oleh pemborong dari Jepang, yaitu Taisei
Construction.
2.
Pekerjaan
pembangunan tersebut selain dari Taisei Construction, ikut juga pemborong
nasional yaitu PT. PP.
3.
PT.
PP yang secara aktif membangun Hotel Bali Beach, sedangkan untuk
pengawasannya dilakukan oleh Direksi (Pemerintah) yang terdiri dari unsur dinas
PU.
4.
Dilaksanakannya
pembangunan Hotel Bali Beach adalah kerena hasil pampasan perang dengan Jepang.
5.
Hotel
selesai di bangun pada tahun 1965 dengan jumlah 300 buah, dan diresmikan tahun
1966 pada bulan november oleh Bapak Sri Sultan Hamengku Buwono ke IX.
6.
Pada
saat beroprasinya Hotel Bali Beach telah diadakan kontrak kerjasama dengan
suatu chain hotel yaitu Intercontinental Hotels Coorperation yang dilakuan
sampai dengan 1979.
7.
Pada
tahun 1979 dibangun hotel baru oleh pemerintah yang merupakan perluasan dari
Hotel bali beach dengan jumlah kamar 200 buah diberi nama Garden Wing.
8.
Pada
tahun yang bersamaan yaitu tahun 1972, pemerintah juga membangun hotel baru
berupa cottages dan beroperasi terpisah dengan Bali beach dengan jumlah kamar
111 (seratus sebelas) kamar.
9.
Pada
tahun 1979 Hotel Bali Beach dengan 300 kamar dan dengan perluasan Garden Wing
200 kamar digabung dengan Cottages 111 kamar atas Keputusan direksi P.T HII
10. Maka sejak tahun 1979 Hotel Bali
Beach beroperasi dengan jumlah 611 kamar dan mulai dipimpin oleh General
Manager / GM orang indonesia.
11. Pada tanggal 20 januari 1933gedung
yang bertingkat sepuluh Hotel Bali Beach mengalami musibah kebakaran.
12. Atas perintah menteri Parpostel,
gedung yang terbakar di bangunlagi dan dapat di selesaikan selama tujuh bulan
oleh kontraktor PT. PP dan diresmikan kembali oleh Bapak Presiden Soeharto pada
tanggal 4 September 1993 dengan nama baru “THE GRAND BALI BEACH”
13. Dengan adanya perubahan-perubahan
pada bangunan baru, yaitu beberapa kamar diperluas, maka jumlah kamar yang ada
sekarang seluruhnya 577 buah.
14. Sejak tahun 1993 terjadi pengabungan
PT HII dengan Natour pada tingkat Management dan Direksi.
15. Pada tanggal 19 maret 2002
pengabungan tersebut terlaksana dengan nama : PT Hotel Indonesia Natour (INNA
HOTEL GROUP) dengan jumlah kamar ; 3500 yang terdiri dari Hotel Bintang 2 sampai
hotel Bintang 5, serta 2 unit catering
16. Untuk daerah Bali dipimpin oleh
Korwil Bali yang terdiri dari: INNA Gran Bali Beach, INNA Putri Bali,
INNA Kuta Beach, INNA Bali dan INNA Sindhu Beach
17. Dengan penggabungan ini : INNA HOTEL
GROUP mempunyai VISI dan Misi yang baru pula.
18. Visi INNA Hotel Group : Untuk
menjadi jaringan Hotel yang kuat, terbesar dan tersebar diseluruh indonesia.
19. Misi INNA Hotel Group : Memberikan
yang terbaik kepada pelanggan, pemegang saham dan karyawan.
20. External Posisioning steatment : Dimana
Keramah tamahan yang unik fan khas, merupakan keunggulan untuk memberikan
pelayanan terbaiknya bagi para pelanggan, dengan motto “ANDA SEGALANYA
BAGI KAMI” yang menjadi budaya dan perilaku di dalam organisasi INNA Hotel
Group.
Sanur dengan keidahan pantainya menjadi kawasan pantai
pertama yang mencuri pihak asing yang kemudian menjadi barometer bagi
perkembangan pariwisata bali. Inna Grand Bali Beach, yang sebelumnya dikenal dengan
nama Hotel Bali beach, diresmikan oleh Sultan Hamengkubuwono IX, adalah hotel
berbintang lima dan bertaraf internasional pertama, yang terletak di daerah
sanur, dibawah naungan PT. Hotel Indonesia Natour, memiliki fasilitas terluas
yang terlengkap. Dengan luas sekitar 40 hektar dengan total 523 kamar dari
3 katagori akomodasi: Tower Building, Garden Wing dan cottage adalah daya tarik
dari hotel INNA Grand Bali Beach yang setiap kamar memiliki fasilitas seperti:
Individual contrable air conditioning, bathtub & Shower, satelite TV
Channel, Fridge/mini bar, fasilitas tea and coffe, hair dryer, IDD Telephone,
Private teras/balcony sehingga setiap tamu yang menginap merasakan kenyamanan
tinggal di Inna Grand Bali Beach.
b)
Letak
Dan Lokasi
INNA
Grand Bali Beach Terletak di jalan hangtuah lintasan Jalan By Pass Ngurah Rai
Sanur, berada di lingkungan wilayah Sanur. Lokasi INNA Grand Bali Beach sangat
mudah dicari karean hotel ini sudah termasuk hotel besar bintang lima dan
bertaraf Internasional pertama di Bali, jadi semua orangpun tau dimana letak
hotel yang dulu bernama Bali Beach ini, dari bandara ngurah rai melalui jalan
By Pass Ngurah rai di tempuh dengan waktu 15 menit, karena berada dekat dengan
Pusat Kota dan Daerah Niti mandala Renon Denpasar cukup ditempuh dengan waktu
10 menit dan dari Sukawati ditempuh dengan waktu 15 menit.
Lokasi Inna GBB
Inna
Grand Bali Beach Hotel terletak di pingir Pantai Sanur yang berpasir putih dan
terkenal dengan pemandangan matahari terbitnya yang menawan, hanya 20 menit
berkendara dari Bandara Ngurah Rai. Inna Grand Bali Beach Hotel adalah hotet
tertinggi di Bali dengan pengalaman lebih dari 45 tahun dalam memberikan
pelayanan yang ramah dan profesional bagi mereka yang ingin menghabiskan
liburan di Bali. Inna Grand Bali Beach Hotel tidak saja menawarkan kamar yang
luas nyaman namun juga fasilitas yang lengkap dan berbagai aktivitas yang bisa
Anda nikmati sambil mengagumi keindaha Pantai Sanur yang menawan.
Inna Grand Bali Beach Hotel
menyediakan fasilitas dan layanan, antara lain 4 kolam renang, Restoran Warung
Beringin, Bali Kopi Shop, Bar, Panggung Terbuka Pandawa yang ideal untuk
perjamuan, pesta kebun dan makan malam, spa, 2 lapangan tennis, lapangan golf
dan driving range, lintasan jogging, tenis meja, indoor bowling center,
fasilitas olahraga air termasuk snorkeling, menyelam dan memancing, layanan
teleks, fotokopi, faksimili, pos dan SLI, referensi bisnis lokal dan
internasional yang ter-update berkala, jadwal penerbangan, laporan cuaca, surat
kabar internasional dan lokal, layanan shuttle bus ke bandara, salon
kecantikan, layanan pengasuh bayi, taman bermain anak, bank, areal parkir
mobil, layanan reservasi, dokter on call 24 jam, layanan binatu, layanan valet,
klinik, manajer yang bertugas 24 jam, layanan pos, layanan foto, brankas dan
pusat perbelanjaan.
c)
Fasilitas
Hotel
Fasilitas yang dimiliki INNA Grand Bali Beach Hotel, Spa and
Resort berupa:
·
Kamar
Hotel
Jumlah
Kamar di INNA Grand Bali Beach Hotel, Spa and Resort adalah Klasifikasi kamar
hotelnya:
a.
Garden Wing
Garden Wing terletak di area taman
yakni tepat sebelah kiri dari pada Tower Building, para tamu yang menempati
kamar ini akan dimanjakan dengan Garden View, See View dan Pool View, garden
wing merupakan bangunan dengan dua lantai yang terdapat di depan pantai matahri
terbit ini. Dilengkapi dengan Air Conditioner, TV, Telphone, Mini Bar, Private
Canopy Dan Tea And Coffe Maker akan melengkapi suasana liburan.
b.
Cottages
Cottages atau bungalow terletak di
area garden bersebelahan dengan garden wing, kebanyakan mereka adalah
pemandangan ke taman dengan rumah pribadi, dilengkapi dengan dengan Air
Conditioner, Private Canopy, Mini Bar, Film, Tea and Coffe Maker, telephone,
SLI dan Joging Treck area yang berada di area Cottages.
c.
Deluxe Tower Wing Room
Berada di gedung bertingkat sepuluh
dengan suasana santai dan see view, dilengkapi juga Fasilitas-Fasilitas
penujang untuk kenyamanan berupa Air Conditioner, Mini Bar, Private Canopy,
Televisi, Cool case, Shower & Bath Tub dan Tea and Coffe Maker.
d. Junior Suite Garden Wing
Melihat pemandangan taman (Garden View), pemandangan laut
(See View) dan kolam renang (Pool View) dengan area yang asri dan berada di
gedung bertingkat dua. Dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas berupa AC (Air
Conditioner), Mini Bar, Private Canopy, Tea and Coffe maker, telephone,
Televisi, SLI, Tempat Tidur King Size, meja makan, ruang tamu (sofa) dan
dilengkapi dengan perlengkapan khusus.
e.
Junior Suite Tower Wing
Melihat pemandangan laut ( See View)
dan berada di gedung bertingkat 10 dilengakapi dengan fasilitas-fasilitas
berupa Air Conditioner (AC), mini bar, telephone, tempat tidur king size,
televise, tea and coffe maker, private canopy, cool case, ruang tamu dan
dilemgkapi pula dengan perlengkapan khusus lainya.
f.
Regency Suite Tower Wing
Regency suite ini berada di main
building di gedung bertingkat sepuluh dengan ruang kamar yang cukup luas,
sehingga dapat melihat pemandanga laut dengan leluasa da nyaman dilengkapi
ruang tamu dan dapur begitu pula dengan fasilitas –fasilitas berupa Air
Conditioner, Cool Case, Televisi, Jacuzi, SLI, Telephone, mini Bar, tempat
tidur king size, sofa dan meja makan begitu pula dengan ruangan tambahan.
g. Executive Suite Tower Wing
Executive Suite ini merupakan kamar yang tergolong mewah,
dengan ukuran kamar yang cukup luas (lebih luas daripada Regency Suite)
dilengkapi penyejuk ruangan (AC) akan membuat Susana menjadi nyaman,
dengan tempat tidur berukuran King Size, rungan tamu yang dilengkapi dengan
sofa, dapur, meja makan, private canopy, mini bar, tea and coffe maker, jacuzi
dan fasilitas – fasilitas elektronik berupa televisi, telephone dan lain-lain.
h. Presidential Suite
Presidential suite room berada di main building atau gedung
bertikat sepuluh dengan fasilitas-fasilitas mewah , perlengkapan
khususdan exclusive seperti Ruang Rapat (Meeting Room), Kamar Tamu
tambahan, dapur, meja makan, ruangan tamu dan rungan khusus tambahan. Begitu
pula dengan perlengkapan-perlengkapan berupa AC, Televisi, Mini Bar, Jacuzi,
Private Canopy, Tea and Coffe Maker, SLI dan perlengkapan Khusus lainya.
v LAYANAN DAN FASILITAS
- Airport Shuttle Bus
- Beauty Salon
- Baby Sitter
- Children Playground
- Bank, Penukaran Uang
- Pelataran Parkir
- Penjual Bunga
- INNA Hotel Group Reservation Services
- Dokter Panggilan 24 Jam
- Laundry And Valet Service Laundry
- Multi-Lingual Hotel Staff
- Mayor Kantor Maskapai Penerbangan
- Kedokteran Klinik · Kartu Kredit Utama Diterima
- Manajer Bertugas 24 Jam
- Kantor Pos
- Photo Service
- Safety Deposit Box
- Shopping Arcade
- Tour Dan Agen Perjalanan
B.
STP NUSA DUA
BALI
Sesuai dengan informasi yang
diberikan oleh World Trade Organization, bahwa pada
tahun 2010 diramalkan 1,6 milyar wisatawan akan
berkunjung ke seluruh dunia yang memiliki destinasi pariwisata yang
prima. Dengan kondisi dunia yang tanpa batas ini sangatlah
dibutuhkan tenaga kerja dan ahli profesional yang sangat berkualitas untuk ditempatkan
pada sektor-sektor andalan pariwisata. Menjawab tantangan ini, maka Yayasan
Dharma Widya Ulangun dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional
Republik Indonesia Nomor: 001/D/O/2008, mendirikan Sekolah Tinggi Pariwisata
Bali Internasional (The International Bali Tourism Institute) yang searah
dengan kebijakan pendidikan nasional Indonesia.
Sekolah Tinggi Pariwisata Bali
Internasional (STP Bali Internasional), International Bali Tourism
Institute, memiliki tugas pokok dan fungsi melalui pendidikan,
penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang pariwisata dan
perhotelan, sehingga para lulusannya mampu untuk bersaing di tingkat nasional
dan internasional serta berdaya kreatif tinggi, berjiwa go international dan
wirausaha, berkepribadian Indonesia, berbudi luhur, dan mampu menciptakan
inovasi-inovasi baru di bidang pariwisata dan perhotelan (visionary
innovation).
STP Bali Internasional, bekerjasama
dengan berbagai pihak dan instansi yang terkait baik di dalam maupun di luar
negeri, dalam usahanya untuk memberikan pendidikan di bidang pariwisata dan
perhotelan, membuka program Diploma IV Manajemen Kepariwisataan dan Diploma
IV Manajemen Perhotelan.
“Quality is Our Prime Concern”
adalah motto yang dicanangkan oleh STP Bali Internasional, karena institusi ini
sangat mengedepankan kualitas para lulusannya
Sekolah
Tinggi Pariwisata (STP) Nusa Dua Bali adalah salah satu Lembaga Pendidikan
Tinggi Pariwisata di bawah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif republik
Indonesia. Berdiri sejak tahun 1978, dengan bantuan United Nation for
Development Program (UNDP), STP Nusa Dua Bali tetap konsisten menjaga
reputasinya sebagai sumber utama penghasil sumber daya manusia berkualitas di
bidang pariwisata dan perhotelan. Kegiatan pendidikan dan latihan di STP Nusa
Dua Bali didukung oleh 143 orang dosen tetap yang berkualifikasi S2 dan S3
serta berpengalaman di bidangnya. STP Nusa Dua Bali memiliki fasilitas
pembelajaran yang sangat lengkap dan modern serta menerapkan kurikulum berbasis
kompetensi yang telah disesuaikan dengan kebutuhan dari industri pariwisata.
PROGRAM DI STPBI
a.
Jurusan
Manajemen Perhotelan
Program Studi Diploma IV, Manajemen
Perhotelan,
Bertujuan untuk mewujudkan lulusan
yang berkualitas, berjiwa wiraswasta, go international, berpandangan ke depan
dalam manajemen perhotelan. Adapun mata kuliah yang akan diajarkan meliputi
ilmu pengetahuan yang penting dimiliki oleh seorang ahli di bidang perhotelan
seperti pengetahuan di bidang Tata Hidangan, Tata Boga, Tata Graha dan Kantor Depan.
Selain itu, pengetahuan manajerial juga patut untuk diketahui seperti manajemen
SDM, psikologi pelayanan, akuntansi perhotelan disamping juga ilmu manajemen
yang lain. Pada akhirnya nanti, diharapkan para siswa mampu menduduki top level
manajemen pada sebuah struktur organisasi hotel.
b. Jurusan Manajemen Kepariwisataan
Program Studi Diploma IV,
Manajemen Kepariwisataan
Bertujuan untuk mewujudkan lulusan
yang berkualitas, berjiwa wiraswasta,go international, berpandangan ke depan
dalam manajemen kepariwisataan . Mata kuliah yang akan didapatkan antara lain
tentang disain dan perencanaan tata ruang, perancangan dan perencanaan DTOW
(Daya Tarik Obyek Wisata) disamping juga manajemen mutu dan ilmu manajerial
lainnya. Pada akhir studinya, diharapkan para siswa mampu untuk merancang
sebuah kawasan wisata yang mampu menarik minat wisatawan domestik maupun
mancanegara.
Program Diploma 3
dengan jurusan : D-3 Perhotelan : Konsentrasi
- MPH (Manajemen Perhotelan)
- MMM (Manajemen Makanan & Minuman)
- MTH (Manajemen Tata Hidangan)
- MTB (Manajemen Tata Boga)
- MDK (Manajemen Divisi Kamar)
Fasilitas Pembelajaran
- Luas kampus 18 hektar
- Seluruh ruangan kuliah dilengkapi dengan ruang ber-AC dan perangkat multimedia
- Perpustakaan dengan koleksi buku lengkap dan dari American Hotel and Lodging Association (AHLA)
- Gedung lab komputer 3 lantai dengan masing-masing 30 unit komputer terbaru
- Lab bahasa
- Tiga buah restoran, bar dan dapur praktek, laundry
- Hotel dan spa berstandar bintang 4
- Free hot spot
- Fasilitas olahraga : GOR, lapangan sepakbola, tenis, bulutangkis, volly, basket, futsal, dll
- Gedung Widyatula (MICE), gedung aula, parkir luas
- Dan berbagai fasilitas lainnya
Peluang Training dan Bekerja Luar
Negeri
USA, Inggris, Belanda, Australia,
Jepang, Singapura, Malaysia, Maldive, UEA dan Dubai
Alumni
Dengan jumlah alumni lebih dari
16.000 orang sejak berdirinya, banyak diantara mereka sukses menduduki jabatan
strategis dan menjadi pengusaha pada bisnis pariwisata dan perhotelan. Hal ini
tentu sangat membantu mahasiswa baik dalam proses pembelajaran, penempatan
training maupun meraih peluang kerja.
MoU Dengan Luar Negeri
Bournemouth University (UK), Surrey
University (UK), University of Queensland (AUS), Nanyang Institute of
Management (SIN), La Rochelle (FRA), PT Ajinomoto (JPN), Wellington New
Zealand, Pemerintahan Polandia
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Dari kegiatan kunjungan industri
dapat memberikan manfaat bagi para siswa, karena dapat memperluas wawasan akan
dunia industri pariwisata dan memberikan banyak pengalaman. Dengan kegiatan
kunjungan industri ini dapat memberikan motivasi untuk siswa agar lebih
bersemangat dan siap untuk mengahdapi dunia kerja, khususnya pariwisata.
B.
Saran
Kegiatan kunjungan industri sangat
bermanfaat bagi seluruh siswa SMK oleh karena itu hendaknya seseorang siswa SMK
harus mengikuti kegiatan kunjungan industri agar dapat mengetahui dunia kerja.
Karena SMK adalah sekolah yang melahirkan tenaga kerja yang handal dan
profesional. Dalam melakukan kunjungan industri maka siswa harus mengikuti dan
melaksanakan dengan baik agar bermanfaat bagi kehidupan yang akan datang.
C.
Pesan Dan Kesan
Kegiatan kunjungan industri dapat
dilakukan oleh sekolah SMK, agar menghasilkan tenaga kerja yang handal dan
profesional. Kegiatan ini dapat melatih Kedisiplinan, pengetahuan mengenai
dunia kerja. Dan memajukan industri pariwisata di Indonesia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar