Sabtu, 10 Mei 2014

LAPORAN KUNJUNGAN INDUSTRI DI STP NUSA DUA DAN INNA GRAND BALI BEACH HOTEL BALI




LAPORAN KUNJUNGAN INDUSTRI
DI STP NUSA DUA DAN INNA GRAND BALI BEACH HOTEL
BALI










Disusun Oleh :
NAMA                                            : CANDRA
NIS                                               : 7981
KELAS                                           : X AP C
PROGRAM STUDI KEAHLIAN              : PARIWISATA
KOMPETENSI KEAHLIAN                   : AKOMODASI PERHOTELAN


PEMERINTAH KABUPATEN SEMARANG
DINAS PENDIDIKAN
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 BAWEN
Jl. Kartini No. 119 Bawen Kab. Semarang Telp./Fax (0298) 591284
TAHUN 2014
LAPORAN KUNJUNGAN INDUSTRI
DI STP NUSA DUA dan INNA GRAND BALI BEACH HOTEL
BALI

Disusun Oleh :
NAMA                                            : CANDRA
NIS                                               : 7981
KELAS                                           : X AP C
PROGRAM STUDI KEAHLIAN              : PARIWISATA
KOMPETENSI KEAHLIAN                   : AKOMODASI PERHOTELAN



Bawen, Mei 2014
Ketua Program Studi Keahlian

             Guru Pembimbing



Suyanto, S.P, MM.
NIP. 19560316 198803 1 002



Nanik Nurul Hidayah, S.Pd.
 NIP.

Mengetahui,
Waka Humas


Nana Mulyana, S.P.
NIP. 19690601 199203 1 012
MOTTO DAN PERSEMBAHAN
MOTTO
1.      Pengalaman adalah guru yang paling baik.
2.      Menghargai waktu dan selalu disiplin dalam berbagai hal.
3.      Berusaha menjadi manusia teladan yaitu manusia yang mampu ditiru orang lain.
4.      Kesopanan adalah pengaman yang baik bagi keburukan.
5      Berusaha dapat menjalin hubungan kerjasama yang baik dalam pekerjaan.
6      Tiada hari tanpa senyuman.
7      Menjadi orang penting itu baik tetapi lebih penting menjadi orang baik.


PERSEMBAHAN
1.    Kepala Sekolah SMK N 1 BAWEN Bapak Jumeri, STP, M.Si yang telah mengijinkan terlaksananya Kunjungan Industri ini.
2.    Kaprogdi Akomodasi Perhotelan Suryana, S.P, MM yang telah membimbing kami.
3.    Bapak/ Ibu guru yang telah membimbing kami.
4.    Kedua Orang Tua dan keluarga yang selalu memberi semangat dan dorongan.
5.    Teman-teman serta pihak yang telah membantu kami dalam menyelesaikan laporan ini.










KATA PENGANTAR
          Puji syukur senantiasa kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan karunia dan rahmat-Nya sehingga penyusunan Laporan Kunjungan Industri ini dapat diselesaikan dengan baik tanpa ada halangan suatu apapun.
          Buku laporan ini dimaksudkan untuk memenuhi tugas dari kompetensi keahlian. Buku ini tidak akan selesai tanpa bantuan Bapak/ ibu guru SMK N 1 Bawen dan pihak-pihak yang telah membantu dalam penyelesaian laporan ini.
          Semoga laporan ini dapat berguna dan dapat dimengerti dengan baik dari pihak sekolah atau pihak lainnya, dan dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.
          Penulis menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari sempurna. Adalah suatu kehormatan bagi penyusun untuk menerima kritik dan saran serta kesan yang konstruktif dari pembaca.


Bawen,         Mei 2014

Penyusun











DAFTAR ISI
Halaman Judul i
Halaman Pengesahan ii
Motto Dan Persembahan iii
Kata Pengantar iv
Daftar Isi v

BAB I PENDAHULUAN 1
A.    Latar Belakang 6
B.    Tujuan 6
BAB II KEGIATAN KUNJUNGAN INDUSTRI 6
A.    Inna Grand Bali Beach Hotel 6
B.    Stp Nusa Dua Bali 6
BAB III PENUTUP 6
LAMPIRAN





















BAB I
PENDAHULUAN

A.   LATAR BELAKANG
 Sekolah Menengah Kejuruan perlu diadakannya Kunjungan Industri (KI). Maka SMK N 1 BAWEN mengadakan kunjungan industri ke pulau Bali bagi siswa
Kelas X untuk semua kejuruan, pada kesempatan ini kami mengunjungi STP Nusa Dua Bali dan Hotel grand Inna Beach Bali.
          Latar belakang diadakannya kunjungan industri ini agar siswa mengenai dunia kerja. Selain itu siswa dapat mengetahui lebih jauh tentang cara kerja, kedisiplinan, tata tertib kerja, mesin-mesin industri yang lebih memadai, dll.
          Siswa juga diharapkan tidak menganggap kunjungan industri sebagai rekreasi, tapi menganggap kunjungan industri sebagai sarana belajar dengan cara mendatangi industri secara langsung, dan melihat urutan - urutan proses kerja di industri tersebut. Maka daripada itu, kunjungan industri dipilih untuk menambah pengalaman siswa tentang dunia kerja. Siswa dituntut untuk aktif menggali informasi tentang kunjungan industri untuk memperoleh pengetahuan tentang proses pembuatan gula pasir dan alkohol. Kunjungan industri dilakukan untuk memberikan gambar kepaada siswa tentang industri dan proses produksi di bidang agrobisnis dengan produk gula pasir dan alkohol. Siswa harus membandingkan proses produksi di dunia kerja dengan ilmu yang diperoleh di sekolah. Siswa diwajibkan membuat laporan atas informasi yang di peroleh selama kunjungan industri tentang perusahaan yang bersangkutan.

B.   TUJUAN
Ada beberapa tujuan diadakannya kunjungan industri bagi siswa/ siswi sebagai berikut :
1.    Memperluas pengetahuan siswa dalam lingkungan dunia kerja.
2.    Mendorong siswa agar mempunyai minat bekerja di perusahaan.
3.    Memberi informasi tentang cara kerja dan tenaga kerja perusahaan.
4.    Mendorong siswa agar mempunyai rasa kedisiplinan dan tanggung jawab.
5.    Membantu siswa melaksanakan program diklat.




BAB II
KEGIATAN KUNJUNGAN INDUSTRI
A.   INNA GRAND BEACH HOTEL
a)    Sejarah Berdirinya INNA Grand Bali Beach Hotel
1.    Hotel Bali Beach dibangun pada tahun 1963 oleh pemborong dari Jepang, yaitu Taisei Construction.
2.    Pekerjaan pembangunan tersebut selain dari Taisei Construction, ikut juga pemborong nasional yaitu PT. PP.
3.    PT. PP  yang secara aktif membangun Hotel Bali Beach, sedangkan untuk pengawasannya dilakukan oleh Direksi (Pemerintah) yang terdiri dari unsur dinas PU.
4.    Dilaksanakannya pembangunan Hotel Bali Beach adalah kerena hasil pampasan perang dengan Jepang.
5.    Hotel selesai di bangun pada tahun 1965 dengan jumlah 300 buah, dan diresmikan tahun 1966 pada bulan november oleh Bapak Sri Sultan Hamengku Buwono ke IX.
6.    Pada saat beroprasinya Hotel Bali Beach telah diadakan kontrak kerjasama dengan suatu chain hotel yaitu Intercontinental Hotels Coorperation yang dilakuan sampai dengan 1979.
7.    Pada tahun 1979 dibangun hotel baru oleh pemerintah yang merupakan perluasan dari Hotel bali beach dengan jumlah kamar 200 buah diberi nama Garden Wing.
8.    Pada tahun yang bersamaan yaitu tahun 1972, pemerintah juga membangun hotel baru berupa cottages dan beroperasi terpisah dengan Bali beach dengan jumlah kamar 111 (seratus sebelas) kamar.
9.    Pada tahun 1979 Hotel Bali Beach dengan 300 kamar dan dengan perluasan Garden Wing 200 kamar digabung dengan Cottages 111 kamar atas Keputusan direksi P.T HII
10. Maka sejak tahun 1979 Hotel Bali Beach beroperasi dengan jumlah 611 kamar dan mulai dipimpin oleh General Manager / GM orang indonesia.
11. Pada tanggal 20 januari 1933gedung yang bertingkat sepuluh Hotel Bali Beach mengalami musibah kebakaran.
12. Atas perintah menteri Parpostel, gedung yang terbakar di bangunlagi dan dapat di selesaikan selama tujuh bulan oleh kontraktor PT. PP dan diresmikan kembali oleh Bapak Presiden Soeharto pada tanggal 4 September  1993 dengan nama baru “THE GRAND BALI BEACH”
13. Dengan adanya perubahan-perubahan pada bangunan baru, yaitu beberapa kamar diperluas, maka jumlah kamar yang ada sekarang seluruhnya 577 buah.
14. Sejak tahun 1993 terjadi pengabungan PT HII dengan Natour pada tingkat Management dan Direksi.
15. Pada tanggal 19 maret 2002 pengabungan tersebut terlaksana dengan nama : PT Hotel Indonesia Natour (INNA HOTEL GROUP) dengan jumlah kamar ; 3500 yang terdiri dari Hotel Bintang 2 sampai hotel Bintang 5, serta 2 unit catering
16. Untuk daerah Bali dipimpin oleh Korwil Bali yang terdiri dari: INNA Gran Bali  Beach, INNA Putri Bali, INNA Kuta Beach, INNA Bali dan INNA Sindhu Beach
17. Dengan penggabungan ini : INNA HOTEL GROUP mempunyai VISI dan Misi yang baru pula.
18. Visi INNA Hotel Group : Untuk menjadi jaringan Hotel yang kuat, terbesar dan tersebar diseluruh indonesia.
19. Misi INNA Hotel Group : Memberikan yang terbaik kepada pelanggan, pemegang saham dan karyawan.
20. External Posisioning steatment : Dimana Keramah tamahan yang unik fan khas, merupakan keunggulan untuk memberikan pelayanan terbaiknya bagi  para pelanggan, dengan motto “ANDA SEGALANYA BAGI KAMI” yang menjadi budaya dan perilaku di dalam organisasi INNA Hotel Group.

          Sanur dengan keidahan pantainya menjadi kawasan pantai pertama yang mencuri pihak asing yang kemudian menjadi barometer bagi perkembangan pariwisata bali. Inna Grand Bali Beach, yang sebelumnya dikenal dengan nama Hotel Bali beach, diresmikan oleh Sultan Hamengkubuwono IX, adalah hotel berbintang lima dan bertaraf internasional pertama, yang terletak di daerah sanur, dibawah naungan PT. Hotel Indonesia Natour, memiliki fasilitas terluas yang terlengkap. Dengan luas sekitar 40 hektar dengan total 523 kamar dari 3 katagori akomodasi: Tower Building, Garden Wing dan cottage adalah daya tarik dari hotel INNA Grand Bali Beach yang setiap kamar memiliki fasilitas seperti: Individual contrable air conditioning, bathtub & Shower, satelite TV Channel, Fridge/mini bar, fasilitas tea and coffe, hair dryer, IDD Telephone, Private teras/balcony sehingga setiap tamu yang menginap merasakan kenyamanan tinggal di Inna Grand Bali Beach.

b)   Letak Dan Lokasi
INNA Grand Bali Beach Terletak di jalan hangtuah lintasan Jalan By Pass Ngurah Rai Sanur, berada di lingkungan wilayah Sanur. Lokasi INNA Grand Bali Beach sangat mudah dicari karean hotel ini sudah termasuk hotel besar bintang lima dan bertaraf Internasional pertama di Bali, jadi semua orangpun tau dimana letak hotel yang dulu bernama Bali Beach ini, dari bandara ngurah rai melalui jalan By Pass Ngurah rai di tempuh dengan waktu 15 menit, karena berada dekat dengan Pusat Kota dan Daerah Niti mandala Renon Denpasar cukup ditempuh dengan waktu 10 menit dan dari Sukawati ditempuh dengan waktu 15 menit.
Lokasi Inna GBB
Inna Grand Bali Beach Hotel terletak di pingir Pantai Sanur yang berpasir putih dan terkenal dengan pemandangan matahari terbitnya yang menawan, hanya 20 menit berkendara dari Bandara Ngurah Rai. Inna Grand Bali Beach Hotel adalah hotet tertinggi di Bali dengan pengalaman lebih dari 45 tahun dalam memberikan pelayanan yang ramah dan profesional bagi mereka yang ingin menghabiskan liburan di Bali. Inna Grand Bali Beach Hotel tidak saja menawarkan kamar yang luas nyaman namun juga fasilitas yang lengkap dan berbagai aktivitas yang bisa Anda nikmati sambil mengagumi keindaha Pantai Sanur yang menawan.
Inna Grand Bali Beach Hotel menyediakan fasilitas dan layanan, antara lain 4 kolam renang, Restoran Warung Beringin, Bali Kopi Shop, Bar, Panggung Terbuka Pandawa yang ideal untuk perjamuan, pesta kebun dan makan malam, spa, 2 lapangan tennis, lapangan golf dan driving range, lintasan jogging, tenis meja, indoor bowling center, fasilitas olahraga air termasuk snorkeling, menyelam dan memancing, layanan teleks, fotokopi, faksimili, pos dan SLI, referensi bisnis lokal dan internasional yang ter-update berkala, jadwal penerbangan, laporan cuaca, surat kabar internasional dan lokal, layanan shuttle bus ke bandara, salon kecantikan, layanan pengasuh bayi, taman bermain anak, bank, areal parkir mobil, layanan reservasi, dokter on call 24 jam, layanan binatu, layanan valet, klinik, manajer yang bertugas 24 jam, layanan pos, layanan foto, brankas dan pusat perbelanjaan.

c)    Fasilitas Hotel
Fasilitas yang dimiliki INNA Grand Bali Beach Hotel, Spa and Resort berupa:
·         Kamar Hotel
Jumlah Kamar di INNA Grand Bali Beach Hotel, Spa and Resort adalah Klasifikasi kamar hotelnya:
a.    Garden Wing
Garden Wing terletak di area taman yakni tepat sebelah kiri dari pada Tower Building, para tamu yang menempati kamar ini akan dimanjakan dengan Garden View, See View dan Pool View, garden wing merupakan bangunan dengan dua lantai yang terdapat di depan pantai matahri terbit ini. Dilengkapi dengan Air Conditioner, TV, Telphone, Mini Bar, Private Canopy Dan Tea And Coffe Maker akan melengkapi suasana liburan.
b.   Cottages
Cottages atau bungalow terletak di area garden bersebelahan dengan garden wing, kebanyakan mereka adalah pemandangan ke taman dengan rumah pribadi, dilengkapi dengan dengan Air Conditioner, Private Canopy, Mini Bar, Film, Tea and Coffe Maker, telephone, SLI dan Joging Treck area yang berada di area Cottages.
c.    Deluxe Tower Wing Room
Berada di gedung bertingkat sepuluh dengan suasana santai dan see view, dilengkapi juga Fasilitas-Fasilitas penujang untuk kenyamanan berupa Air Conditioner, Mini Bar, Private Canopy, Televisi, Cool case, Shower & Bath Tub dan Tea and Coffe Maker.
d.    Junior Suite Garden Wing
Melihat pemandangan taman (Garden View), pemandangan laut (See View) dan kolam renang (Pool View) dengan area yang asri dan berada di gedung bertingkat dua. Dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas berupa AC (Air Conditioner), Mini Bar, Private Canopy, Tea and Coffe maker, telephone, Televisi, SLI, Tempat Tidur King Size, meja makan, ruang tamu (sofa) dan dilengkapi dengan perlengkapan khusus.
e.    Junior Suite Tower Wing
Melihat pemandangan laut ( See View) dan berada di gedung bertingkat 10 dilengakapi dengan fasilitas-fasilitas berupa Air Conditioner (AC), mini bar, telephone, tempat tidur king size, televise, tea and coffe maker, private canopy, cool case, ruang tamu dan dilemgkapi pula dengan perlengkapan khusus lainya.
f.     Regency Suite Tower Wing
Regency suite ini berada di main building di gedung bertingkat sepuluh dengan ruang kamar yang cukup luas, sehingga dapat melihat pemandanga laut dengan leluasa da nyaman dilengkapi ruang tamu dan dapur begitu pula dengan fasilitas –fasilitas berupa Air Conditioner, Cool Case, Televisi, Jacuzi, SLI, Telephone, mini Bar, tempat tidur king size, sofa dan meja makan begitu pula dengan ruangan tambahan.

g.    Executive Suite Tower Wing
Executive Suite ini merupakan kamar yang tergolong mewah, dengan ukuran kamar yang cukup luas (lebih luas daripada Regency Suite) dilengkapi penyejuk ruangan (AC) akan membuat Susana menjadi nyaman,  dengan tempat tidur berukuran King Size, rungan tamu yang dilengkapi dengan sofa, dapur, meja makan, private canopy, mini bar, tea and coffe maker, jacuzi dan fasilitas – fasilitas elektronik berupa televisi, telephone dan lain-lain.
h.   Presidential Suite
Presidential suite room berada di main building atau gedung bertikat sepuluh dengan fasilitas-fasilitas mewah , perlengkapan khususdan  exclusive seperti Ruang Rapat (Meeting Room), Kamar Tamu tambahan, dapur, meja makan, ruangan tamu dan rungan khusus tambahan. Begitu pula dengan perlengkapan-perlengkapan berupa AC, Televisi, Mini Bar, Jacuzi, Private Canopy, Tea and Coffe Maker, SLI dan perlengkapan Khusus lainya.
v  LAYANAN DAN FASILITAS
  • Airport Shuttle Bus
  • Beauty Salon
  • Baby Sitter
  • Children Playground
  • Bank, Penukaran Uang
  • Pelataran Parkir
  • Penjual Bunga
  • INNA Hotel Group Reservation Services
  • Dokter Panggilan 24 Jam
  • Laundry And Valet Service Laundry
  • Multi-Lingual Hotel Staff
  • Mayor Kantor Maskapai Penerbangan
  • Kedokteran Klinik · Kartu Kredit Utama Diterima
  • Manajer Bertugas 24 Jam
  • Kantor Pos
  • Photo Service
  • Safety Deposit Box
  • Shopping Arcade
  • Tour Dan Agen Perjalanan
B.    STP NUSA DUA BALI
Sesuai dengan informasi yang diberikan oleh World Trade Organization, bahwa pada tahun 2010 diramalkan 1,6 milyar wisatawan akan berkunjung  ke seluruh dunia yang memiliki destinasi pariwisata yang prima. Dengan kondisi dunia yang tanpa batas ini   sangatlah dibutuhkan tenaga kerja dan ahli profesional yang sangat berkualitas untuk ditempatkan pada sektor-sektor andalan pariwisata. Menjawab tantangan ini, maka Yayasan Dharma Widya Ulangun dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor: 001/D/O/2008, mendirikan Sekolah Tinggi Pariwisata Bali Internasional (The International Bali Tourism Institute) yang searah dengan kebijakan pendidikan nasional Indonesia.
Sekolah Tinggi Pariwisata Bali Internasional (STP Bali Internasional), International Bali Tourism Institute, memiliki tugas pokok dan fungsi  melalui pendidikan, penelitian  dan pengabdian kepada masyarakat di bidang pariwisata dan perhotelan, sehingga para lulusannya mampu untuk bersaing di tingkat nasional dan internasional serta berdaya kreatif tinggi, berjiwa go international dan wirausaha, berkepribadian Indonesia, berbudi luhur, dan mampu menciptakan inovasi-inovasi baru di bidang pariwisata dan perhotelan (visionary innovation).
STP Bali Internasional, bekerjasama dengan berbagai pihak dan instansi yang terkait baik di dalam maupun di luar negeri, dalam usahanya untuk memberikan pendidikan di bidang pariwisata dan perhotelan, membuka program Diploma IV Manajemen Kepariwisataan dan Diploma IV Manajemen Perhotelan.
Quality is Our Prime Concern” adalah motto yang dicanangkan oleh STP Bali Internasional, karena institusi ini sangat mengedepankan kualitas para lulusannya 
Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Nusa Dua Bali adalah salah satu Lembaga Pendidikan Tinggi Pariwisata di bawah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif republik Indonesia. Berdiri sejak tahun 1978, dengan bantuan United Nation for Development Program (UNDP), STP Nusa Dua Bali tetap konsisten menjaga reputasinya sebagai sumber utama penghasil sumber daya manusia berkualitas di bidang pariwisata dan perhotelan. Kegiatan pendidikan dan latihan di STP Nusa Dua Bali didukung oleh 143 orang dosen tetap yang berkualifikasi S2 dan S3 serta berpengalaman di bidangnya. STP Nusa Dua Bali memiliki fasilitas pembelajaran yang sangat lengkap dan modern serta menerapkan kurikulum berbasis kompetensi yang telah disesuaikan dengan kebutuhan dari industri pariwisata.
PROGRAM DI STPBI
a.    Jurusan Manajemen Perhotelan
Program Studi Diploma IV, Manajemen Perhotelan,
Bertujuan untuk mewujudkan lulusan yang berkualitas, berjiwa wiraswasta, go international, berpandangan ke depan dalam manajemen perhotelan. Adapun mata kuliah yang akan diajarkan meliputi ilmu pengetahuan yang penting dimiliki oleh seorang ahli di bidang perhotelan seperti pengetahuan di bidang Tata Hidangan, Tata Boga, Tata Graha dan Kantor Depan. Selain itu, pengetahuan manajerial juga patut untuk diketahui seperti manajemen SDM, psikologi pelayanan, akuntansi perhotelan disamping juga ilmu manajemen yang lain. Pada akhirnya nanti, diharapkan para siswa mampu menduduki top level manajemen pada sebuah struktur organisasi hotel.

b.  Jurusan Manajemen Kepariwisataan
Program Studi Diploma IV,  Manajemen Kepariwisataan
Bertujuan untuk mewujudkan lulusan yang berkualitas, berjiwa wiraswasta,go international, berpandangan ke depan dalam manajemen kepariwisataan . Mata kuliah yang akan didapatkan antara lain tentang disain dan perencanaan tata ruang, perancangan dan perencanaan DTOW (Daya Tarik Obyek Wisata) disamping juga manajemen mutu dan ilmu manajerial lainnya. Pada akhir studinya, diharapkan para siswa mampu untuk merancang sebuah kawasan wisata yang mampu menarik minat wisatawan domestik maupun mancanegara.
Program Diploma 3 dengan jurusan : D-3 Perhotelan : Konsentrasi
  1. MPH (Manajemen Perhotelan)
  2. MMM (Manajemen Makanan & Minuman)
  3. MTH (Manajemen Tata Hidangan)
  4. MTB (Manajemen Tata Boga)
  5. MDK (Manajemen Divisi Kamar)
Fasilitas Pembelajaran
  • Luas kampus 18 hektar
  • Seluruh ruangan kuliah dilengkapi dengan ruang ber-AC dan perangkat multimedia
  • Perpustakaan dengan koleksi buku lengkap dan dari American Hotel and Lodging Association (AHLA)
  • Gedung lab komputer 3 lantai dengan masing-masing 30 unit komputer terbaru
  • Lab bahasa
  • Tiga buah restoran, bar dan dapur praktek, laundry
  • Hotel dan spa berstandar bintang 4
  • Free hot spot
  • Fasilitas olahraga : GOR, lapangan sepakbola, tenis, bulutangkis, volly, basket, futsal, dll
  • Gedung Widyatula (MICE), gedung aula, parkir luas
  • Dan berbagai fasilitas lainnya
Peluang Training dan Bekerja Luar Negeri
USA, Inggris, Belanda, Australia, Jepang, Singapura, Malaysia, Maldive, UEA dan Dubai
Alumni
Dengan jumlah alumni lebih dari 16.000 orang sejak berdirinya, banyak diantara mereka sukses menduduki jabatan strategis dan menjadi pengusaha pada bisnis pariwisata dan perhotelan. Hal ini tentu sangat membantu mahasiswa baik dalam proses pembelajaran, penempatan training maupun meraih peluang kerja.
MoU Dengan Luar Negeri
Bournemouth University (UK), Surrey University (UK), University of Queensland (AUS), Nanyang Institute of Management (SIN), La Rochelle (FRA), PT Ajinomoto (JPN), Wellington New Zealand, Pemerintahan Polandia
 


BAB III
PENUTUP
A.       Kesimpulan
Dari kegiatan kunjungan industri dapat memberikan manfaat bagi para siswa, karena dapat memperluas wawasan akan dunia industri pariwisata dan memberikan banyak pengalaman. Dengan kegiatan kunjungan industri ini dapat memberikan motivasi untuk siswa agar lebih bersemangat dan siap untuk mengahdapi dunia kerja, khususnya pariwisata.

B.       Saran
Kegiatan kunjungan industri sangat bermanfaat bagi seluruh siswa SMK oleh karena itu hendaknya seseorang siswa SMK harus mengikuti kegiatan kunjungan industri agar dapat mengetahui dunia kerja. Karena SMK adalah sekolah yang melahirkan tenaga kerja yang handal dan profesional. Dalam melakukan kunjungan industri maka siswa harus mengikuti dan melaksanakan dengan baik agar bermanfaat bagi kehidupan yang akan datang.

C.       Pesan Dan Kesan
Kegiatan kunjungan industri dapat dilakukan oleh sekolah SMK, agar menghasilkan tenaga kerja yang handal dan profesional. Kegiatan ini dapat melatih Kedisiplinan, pengetahuan mengenai dunia kerja. Dan memajukan industri pariwisata di Indonesia.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar